Tim Dishut Kampar Berhasil Amankan Satu Alat Berat

Selasa,29 Januari 2013 | 07:55:00 WIB Dibaca: 269 kali
Tim Dishut Kampar Berhasil Amankan Satu Alat Berat
Ket Foto :

Bangkinang, Utusanriau.com - Tim Dinas Kehutanan Kabupaten Kampar berhasil mengamankan satu alat berat di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Tesso Nilo di Desa Gunung Sari, kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar.

Hal tersebut disampikan Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Kampar melalui Kepala Bidang Perlindungan Hutan, Syawir dan didampingi Kepala Seksi Keamanan dan Kebakaran Hutan, Darwin Siragih, di Kantor Dinas Kehutanan Kampar, Selasa (29/1).

“Tim kita berhasil mengamankan satu alat berat jenis eskapator di kawasan HPT Teso Nilo, Desa Gunung Sari, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar pada 28 Januari 2013, sekitar pukul 18.00 WIB. HPT Teso Nilo tersebut merupakan lahan konsensi Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT. Hutani Sola Lestari,” ungkapnya.

Dikatakannya penangkapan terhadap alat berat tersebut, dilakukan setelah mendapatkan laporan dari masyarakat dan langsung ditindaklanjuti tim Dinas Kehutanan Kabupaten Kampar. Lahan sudah dirambah sekitar 20 Ha dan sebagian sudah ditanami oleh Kelapa Sawit.

“Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat pada malam minggu maka  petugas intelijen kita bekerja dan senen (28/1), kita langsung turun,” ucapnya.

Saat ini, sebutnya tim penyidik Dinas  Kehutanan Kampar masih sedang melakukan penyelidikan  terhadap saksi-saksi yang kemungkinan terlibat dalam perambahan HPT Teso Nilo tersebut. Saksi-saksi tersebut diantaranya adalah Adi Husman (pengawas lapangan), Rudianto (operator alat berat) dan Andi (mekanik).

Dijelaskannya, Dinas Kehutanan Kampar berkomitmen akan menindak tegas pelaku-pelaku yang sesuka hati melakukan perambahan hutan demi menjaga kelestarian hutan di Kabupaten Kampar.

Disampaikannya, tim yang turun dalam penangkapan alat berat dipimpin Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Kampar, Muhammad Syukur, Kabid Perlindungan Hutan, Syawir, Kepala Seksi Keamanan dan Kebakaran Hutan, Darwin Siragih, Kepala UPTD I, Bustaman, SH, Polhut Dinas Kehutanan Kabupaten Kampar. (Endrizal)

Baca Berita Terkait

Berita Lainnya

APA KOMENTAR ANDA...???
comments powered by Disqus
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.