• Beranda
  • politik
  • Data Pendukung Balon Gubri Independen Tahap Distribusi

Data Pendukung Balon Gubri Independen Tahap Distribusi

Senin,15 April 2013 | 04:38:00 WIB Dibaca: 247 kali
Data Pendukung Balon Gubri Independen Tahap Distribusi
Ket Foto :

Pekanbaru, Utusanriau.com - Data pendukung dari bakal calon (balon) Gubernur Riau jalur independen atau perseorangan saat ini masih dalam tahap distribusi ke PPS (Panitia Pemilihan Suara) Kabupaten Kota. Data dukungan tersebut merupakan data dukungan Wan Abubakar satu-satunya balon gubri maju memalui jalur independen.

Demikian disampaikan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Budhiyan Putra Ali SSos MSi, Senin (15/04) di ruang kerjanya. "Sesuai dengan jadwal masih dalam tahap pendistribusian data dukungan dari balon Gubri yang maju melalui jalur independen kepada PPS di Kabupaten Kota," paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Wan Abu Bakar bersama pasanganya Isjoni berhasil mengumpulkan dukungan lebih dari empat persen yang telah ditetapkan oleh KPU Riau yakni dengan dukungan suara sebanyak 265.303 orang.

Dari data tersebut saat ini sedang didistribusikan ke-10 Kabupaten Kota yang ada di Riau Kecuali Kabupaten Rokan Hulu dan Rokan Hilir. "Dari jumlah dukungan yang berhasil dikumpulkan oleh balon gubri perseorangan berasal dari 10 Kabupaten. Jadi, saat ini sedang proses distribusi ke 10 Kabupaten tersebut, terkecuali Rohul dan Kabupaten Rohil," ungkapnya.

Sedangkan jadwal untuk pendistrubusian data pendukung balon gubri tersebut  akan berakhir hingga 17 April 2013 yang akan dilanjutkan dengan tahapan vrifikasi selama 14 hari. Terhitung mulai 18 April hingga 1 Mei 2013." Setelah selesai pendistribusian tanggal 18 April langsung dilanjutkan tahapan vrifikasi selama 14 hari," akunya.

Dalam tahap vrifikasi nantinya akan dicek kebenaran dukungan dengan melihat KTP pendukung. Jika nanti terdapat KTP yang masa berlakunya habis atau tidak sesuai  maka akan dicoret. " Untuk tahapan administrasi kalu tidak sesui dengan KTP tentu maka akan dicoret," jelasnya.

Setelah usai verefikasi akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual. Dimana di data satu persatu pendukung yang bersangkutan apakah memang mendukung balon gubri tersebut atau tidak. Jika nantinya terbukti tidak mendukung maka akan dibuat  formulir perotangan yang berupa  permohonan keberatan.

"Kalau dalam verifikasi faktual para pendukung menolak atau keberatan atas dukungannya maka akan ada formulir BBB KWK KPU yang merupakan permohonan keberatan," tambahnya.

Jika terbukti nanti data dukungan yang dimiliki oleh Wan Abu Bakar sebagai balon gubri saty-satunya maka haru melengkapi kekurangan tersebut sebanyak dua kali lipat. Misalnya, kurang 200 maka harus mencari dukungan baru sebanyak 400 dukungan dengan waktu yang telah ditetapkan.

"Jadi nanti setelah ada pengumuman hasil vrifikasi faktual. Jika suara dukungan kurang dari yang ditetapkan maka harus dilengkapi dalam masa perbaikan. Yang dilengkapi juga harus dua kali lipat dari yang kurang dengan waktu yang telah ditentukan. Seandainya dalam waktu perbaikan tidak terpenuhi, maka otomatis gugur," tutupnya. (ur1)

Baca Berita Terkait

Berita Lainnya

APA KOMENTAR ANDA...???
comments powered by Disqus
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.