• Beranda
  • siak
  • Kapolres Siak AKBP Sugeng Putut Wicaksono Jadi Irup HUT Riau ke 56

Kapolres Siak AKBP Sugeng Putut Wicaksono Jadi Irup HUT Riau ke 56

Selasa,20 Agustus 2013 | 01:25:00 WIB Dibaca: 502 kali
 Kapolres Siak AKBP Sugeng Putut Wicaksono Jadi Irup HUT Riau ke 56
Ket Foto : Kapolres Siak AKBP Sugeng Putut Wicaksono sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT Prov. Riau saat menjadi Inpekstur Upacara di Lapangan Tugu Depan Istana Siak

Siak,utusanriau.com- Kapolres Siak AKBP Sugeng Putut Wicaksono mejadi Inspektur Upacara (Irup) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Riau ke 56  di Lapangan Tugu Depan Istana Siak, Selasa (20/8/2013).

Dalam kesempatan tersebt juga turut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Siak Zainul Arifin, Ketua Pengadilan Negeri Siak Irfanuddin, dan Mayor Laut Bariyadin Pasminlog mewakili Danlanal Dumai serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Syafrilenti, Asisten Administrasi Umum H. Jamaluddin  sejumlah pejabat lainnya dilingkungan pemerintah kabupaten Siak. Camat Mempura Jumanotias selaku komandan Upacara dan Kabag Ekonomi H. M. Arifin selaku perwira upacara serta tamu undangan lainya.

Menurut Kapolres HUT Riau merupakan momentum atau peristiwa yang sangat penting dan bersejarah, terutama bagi segenap lapisan masyarakat Riau, baik yang tinggal diperkotaan maupun pedesaan dan seluruh penjuru Provinsi Riau.

"Hari Jadi ke 56 Provinsi Riau tahun 2013 ini mengembalikan memori kita kepada amal bakti dan jasa-jasa para syuhada dan pejuang pendiri Provinsi ini, sehingga kita bisa merasakan makna kemerdekaan, buah dari air mata, dan darah dari pejuang-pejuang Provinsi Riau," sebutnya.

Hal yang perlu diingat dalam adalah perjuangan untuk mendirikan Provinsi Riau 56 tahun yang lalu, bukanlah perjuangan yang ringan, akan tetapi banyak rintangan dan tantangan yang memakan waktu panjang, air mata dan pengorbanan jiwa raga.

"Peringatan Hari Jadi ke 56 Provinsi Riau kita jadikan sebagai kilas balik untuk melihat potret Provinsi Riau dimasa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Hal ini sangat penting guna untuk mengetahui sejauh mana jati diri anak negeri membawa eksistensi daerah ke arah yang lebih maju, sejalan dengan cita-cita para leluhur dan pelaku sejarah Provinsi Riau, sehingga akhirnya akan menempatkan Provinsi Riau sebagai Provinsi terhormat di Indonesia bahkan dunia," lanjutnya.

Peringatan Hari Jadi ke 56 Provinsi Riau tahun 2013 ini dilaksanakan pada saat seluruh komponen masyarakat Riau dihadapkan pada berbagai tantangan, persaingan sebagai akibat terjadinya globalisasi yang mengikis jati diri masyarakat Provinsi Riau.

"Menghadapi kondisi dan situasi tersebut, maka seluruh komponen masyarakat di daerah Riau haruslah memiliki pemahaman dan kesepakatan bersama terhadap Visi dan Misi, arah kebijakan strategi, serta langkah-langkah perencanaan pembangunan yang tercermin dalam Visi 2013," lanjutnya lagi.

Menurutnya dengan filosofi dan kajian terhadap fenomena sosial yang terjadi yang ditinjau dari letak geografis , geo politik, maka Provinsi Riau telah memiliki misi yang jelas dikenal dengan Visi Riau 2020 yaitu, ”Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Bathin di Asia Tenggara Tahun 2020”.

Lebih jauh disampaikanya Provinsi Riau pada Tanggal 9 Agustus 2013 genap berusia 56 tahun. 56 tahun usia yang cukup matang untuk membawa Provinsi Riau kearah kemajuan diberbagai bidang, terutama dalam peningkatan kesejahteran masyarakat. Kita menyadari, Visi Riau 2020 merupakan harapan dan cita-cita besar dari pemerintah dan masyarakat Riau, dalam menyonsong masa depan daerah yang lebih baik dan masyarakat yang lebih sejahtera.

Visi Riau 2020 hanya dapat dicapai melalui langkah dan upaya-upaya konkrit, serta kerja keras dari seluruh masyarakat Riau, sehingga segala kendala, hambatan atau kelemahan dapat diantisipasi dan segala kemampuan serta potensi dapat dikembangkan secara optimal. Oleh sebab itu, mari kita jadikan peringatan Hari Jadi ke 56 Provinsi Riau untuk memelihara kebersamaan, kedamaian dan semangat berjuang anak negeri dalam mewujudkan Visi Riau 2020.

Oleh karena itu setiap kita memperingati Hari Jadi Provinsi Riau, hendaknya tidak dipandang dari pelaksanaan seremonial belaka, melainkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk menyatukan Visi dan persepsi, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan, sehingga menjadikan suatu penuntun dan kekuatan daerah yang lebih baik dan lebih maju.

"Untuk itulah Hari Jadi ke 56 Provinsi Riau, tema yang diambil yakni, “Dengan  Semangat Hari Jadi Provinsi Riau ke 56, kita wujudkan Riau sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Indonesia"," jelasnya.
Tema tersebut mengandung filosofi untuk mengajak segenap anak negeri, bahu membahu, bersatu padu dengan tidak membedakan asal usul, besar dan kecil, namun bersama-sama membangun negeri ini dengan mendayagunakan segala potensi dan sumber daya yang ada dalam ketamadunan melayu menuju tercapainya cita-cita luhur masyarakat Riau sejahtera lahir dan bathin.

"Keberhasilan yang telah kita capai selama ini, jangan menjadikan kita sebagai sosok yang berpuas diri, karena masih banyak persoalan dan kekurangan yang kita hadapi. Kemiskinan, kebodohan, kurangnya infrastrukstur masih menyelimuti lingkaran pembangunan di daerah tercinta ini," tambahnya.

Untuk itu Kapolres mengajak dan bersepakat dan berbulat tekad menjalin persatuan dan kebersamaan guna menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut. Kita harus bekerja keras, berfikir mengeluarkan ide-ide cemerlang dalam bentuk kebijakan serta program pembangunan yang dapat menyentuh langsung kepada kehidupan masyarakat Riau secara luas.

"Di usia ke 56 ini, mari kita berazam untuk menjadikan Provinsi Riau sejajar dengan provinsi lainnya di Indonesia, karena Provinsi Riau memiliki potensi untuk menjadi Provinsi terkemuka yang tidak hanya di level nasional, regional, bahkan internasional karena kita memiliki potensi untuk menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara," sebutnya.
Pertama, dengan berlakunya Undang-Undang 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, memberikan peluang kepada Pemerintah Provinsi Riau untuk membuat berbagai program kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau.

Kedua, Provinsi Riau dianugerahi posisi strategis baik secara geografis, geoekonomi, geopolitik, menempatkan Provinsi Riau sebagai salah satu Pusat Perekonomian di Pulau Sumatera, Asia Tenggara, bahkan Internasional.
Ketiga, Provinsi Riau dianugerahi oleh Allah SWT dengan kekayaan alam yang meliputi kekayaan minyak bumi, laut, hasil hutan, perkebunan, kelautan, industri, pariwisata, dan kekayaan mineral lainnya.

Namun harus disadari dengan berbagai potensi yang kita miliki, Provinsi Riau masih dihadapkan dengan persoalan yang harus kita carikan solusinya bersama-sama, antara lain,Pertama, keterbatasan Sumber Daya Manusia masih menjadi persoalan mendasar yang mesti dicarikan solusinya, agar kita dapat menjadi tuan rumah dinegeri sendiri dan pelaku dalam pembangunan, bukannya menjadi penonton atau bahkan menjadi penghambat pembangunan itu sendiri sehingga menyebabkan kita kalah bersaing dengan Provinsi lainnya di Indonesia.

Kedua, Pemerintah Provinsi Riau telah menjadikan program pengentasan kemiskinan sebagai prioritas utama. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dari Pemerintah Provinsi Riau bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau dan seluruh masyarakat Riau dalam membebaskan tanah melayu dari belenggu kemiskinan.

Ketiga, masalah kekurangan infrastruktur, telekomunikasi, listrik, air bersih, masih terus digesa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Provinsi Riau.
Keempat, masih banyak kekayaan alam kita yang belum dieksploitasi karena ketidakmampuan kita dalam pengelolaan Sumber Daya Alam baik berkaitan teknologi, Sumber Daya Manusia, ataupun karena keterbatasan keuangan daerah.

Berkaitan dengan Hari jadi ke-56 Provinsi Riau, kembali mengajak untuk merenungi dan mempertanyakan apa yang telah diberikan kepada Provinsi Riau tercinta ini diusianya ke-56, pertanyaan ini tidak perlu dijawab tapi disikapi dengan memberikan aksi nyata demi kemajuan Provinsi Riau kedepan. Untuk itu dihari jadi ke-56 Provinsi Riau ini, besama-sama mensyukuri seraya menghaturkan doa kehadirat Allah SWT, agar kita semua dibumi melayu ini, senantiasa memberikan kekuatan, kebahagiaan serta tetap bersemangat menghadapi segala tantangan dan rintangan mengisi pembangunan yang terus berproses guna mengejar cita-cita yang kita inginkan bersama dalam mewujudkan Tuah Negeri.

"Dihari bersejarah ini, mari kita berikan rasa hormat dan penghargaan kepada pelaku sejarah berdirinya Provinsi Riau dan mengevaluasi apa berdirinya Provinsi Riau dan mengevaluasi apa yang sudah kita perbuat. Harapan saya kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi dan seluruh masyarakat Riau mari mempersiapkan langkah-langkah nyata demi mencapai keberhasilan kejayaan, kemakmuran Provinsi Riau dimasa sekarang dan masa yang akan datang," tutupnya. (adv/hms)

Baca Berita Terkait

Berita Lainnya

APA KOMENTAR ANDA...???
comments powered by Disqus
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.