Satpam di Tuntut Profesional

Minggu,01 Januari 2012 | 21:37:00 WIB Dibaca: 1175 kali
Satpam di Tuntut Profesional
Ket Foto :

Pangkalan Kerinci,utusanriau.com-kapolres pelalawan AKBP Guntur Aryo Tejo menghimbau guna menjawab tuntutan profesionalime  profesi, petugas sekuriti dan stake holder satuan pengamanan (satpam) di pelalawan diimbau terus berupaya meningkatkan kemampuan personalitas.

Hal ini dikatakan kapolres pelalawan usai memimpin upacara peringatan hut satpam ke 31 tingkat kabupaten pelalawan, jumat (30/12) di halaman Mapolres pelalawan, pangkalankerinci. Himbauan tersebut sejalan dengan tema HUT satpam se indonesia. yaitu peningkatan fungsi dan peran satpam pada penerapan industrial securiti dalam rangka intensifikasi kemitraan bersama polri guna terpeliharanya kamtibmas.

"Sebagai mitra polri,  satpam melaksanakan peranan strategis dalam rangka menciptakan kamtibmas. karena itu profesi ini harus memiliki kemampuan dan wawasan yang baik dibidangnya,"ujar kapolres kepada wartawan.
        
ia menilai kemampuan personalitas para satpam di pelalawan saat ini sudah bisa dikatakan cukup untuk keperluan pengamanan perusahaan. namun demikian penguasaan teknik-teknik pengamanan dan wawasan kamtimbas dan kemitraan dengan polri belum dikuasai secara merata.  

kemampuan personalitas kaum satpam di sejumlah perusahaan relative cukup memadai. namun  persoalan sdm ini masih belum digarap dengan baik pada beberapa perusahaan lainnya. karena itu polres pelalawan akan mengintensifkan kerjasama dengan perusahaan penyedia maupun pengguna jasa satpam. sasarannya adalah meningkatkan kemampuan teknis melalui program pelatihan.

"Kedepan untuk peningkatan sdm satpam, kita mengedepankan komitmen kerjasama dan konsistensi dari segenap anggota satpam dalam rangka peningkatan personalitas dibidang industrial security,"ujar kapolres.

Satpam juga harus meningkatkan kompetensi dan keahlian tugas, dengan menguasai pengetahuan spesialisasi sesuai dengan tantangan industrial securiti. sehingga layanan fungsi kepolisian terbatas dapat dilaksanakan dengan  lebih profesional dan proporsional. seklanjutnya satpam harus mengembangkan tampilan perorangan yang memiliki sikap korak, peka dan waspada terhadap setiap bentuk peristiwa yang menjurus kearah timbulnya gangguan kamptibmas.

Hadir dalam Upacara HUT Satpam ke 31 kemarin kapolres bertindak sebagai inspektur upacara. ia kapolres membacakan pidato resmi  kapolri drs timur pradopo, jenderal polisi pada peringatan hut satpam ke 31 tingklat nasional di jakarta.  turut hadir bupati pelalawan HM Harris,  ketua DPRD dan para pejabat utama polres pelalawan.Upacara tersebut dihadiri ratusan anggota satpam yang bekerja pada sejumlah perusahaan dalam wilayah kabupaten pelalawan.  

HUT Satpam Polres juga menggelar sejumlah bakti sosial bersama sekitar 300 orang satpam.  yaitu pemberian santunan dan bantuan sembako ke panti jompo pangkalankerinci dan panti asuhan di sorek pangkalan kuras dan donor darah. selain itu di lingkungan kerja masing-masing, para satpam melakukan gotong royong dan penanaman pohon. (panagribuan)


Baca Berita Terkait

Berita Lainnya

APA KOMENTAR ANDA...???
comments powered by Disqus
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.