• Beranda
  • otonomi
  • Disperindag Buka Lowongan Tamatan D-III Industri Pangan

Disperindag Buka Lowongan Tamatan D-III Industri Pangan

Minggu,29 Januari 2012 | 11:06:00 WIB Dibaca: 914 kali
 Disperindag Buka Lowongan Tamatan D-III Industri Pangan
Ket Foto :

Pekanbaru,utusanriau.com- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Pekanbaru membuka lowongan bagi  mahasiswa tamatan D-III jurusan Industri Pangan untuk dikontrak menjadi Tenaga Penyuluh Lapangan Industri (TPLI) di Disperindag Pekanbaru selama lima tahun.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Disperindag Kota Pekanbaru Hj El Syabrina saat dihubungi  melalui telpon seluler, Minggu (29/01).
“Memang saat ini pihaknya sedang membutuhkan mahasiswa lulusan Industri Pangan untuk  dikontrak menjadi Tenaga Penyuluh Lapangan Industri (TPLI) selama kurun waktu lima tahun”, ujarnya.

El Syabrina juga menambahkan bagi mahasiswa yang berminat menjadi TPLI tersebut syaratnya mahasiswa kurang mampu tapi memiliki prestasi yang bagus. Rencana perekrutan sendiri akan dilaksanakan pada bulan Juni 2012 saat usai pelaksanaan akhir ujian sekolah/Ujian Nasional.

Saat ditanya berapa orang yang akan dikontak menjadi TPLI untuk Kota Pekanbaru? El Syabrina mengaku  berapa orangnya belum tahu, yang jelas tergantung permintaan dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI. Tahun ini seluruh Indonesia diperlukan sekitar 500 mahasiswa D-III. Pembiayaan seluruhnya ditanggung Kemenperindag RI di Jakarta. Ungkapnya.

Tenaga penyuluh ini nantinya akan memberi masukan kepada Disperindag Kota  misalnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diinventaris, potensi dan lain-lain termasuk memberi input tentang pengemasannya seperti apa.

"Intinya tenaga kontrak ini nantinya dapat membantu kitalah, kalau mereka dari masyarakat kurang mampu dan sangat tidak mampu tapi pintar, maka peluang akan direkrut lebih besar,"paparnya.

Menurut Elsyabrina, Untuk Pekanbaru sendiri diperlukan jurusan pangan sesuai dengankondisi Pekanbaru yang saat ini  sedang giat-giatnya dalam melakukan pengembangan industri pangan.

Sedangkan daerah lain ada yang rekrut jurusan industri tekstil, dan baja. Jurusan Pangan ini pendidikannya hanya ada di Sumbar, jurusan industri tekstil di Jogjakarta, sedangkan jurusan industri baja kalau tak salah pendidikan di Kalimantan atau di Sulawesi. ** (ti)

Baca Berita Terkait

Berita Lainnya

APA KOMENTAR ANDA...???
comments powered by Disqus
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.