PKH Ciptakan Peluang Kerja di Daerah

Selasa,13 Maret 2012 | 15:02:00 WIB Dibaca: 669 kali
PKH Ciptakan Peluang Kerja di Daerah
Ket Foto : Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Drs. H. Said Saq

Pekanbaru,utusanriaucom-Pemberdayaan masyarakat sangat miskin melalui Program Keluarga Harapan (PKH) ternyata telah menunjukkan hasil yang nyata. Bahkan program PKH menciptakan peluang kerja bagi sarjana di daerah.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Drs. H. Said Saqlul Amri, M.Si, ME melalui Kasi Pengelolaan Sumber Dana dan Jaminan Sosial Eva Ismail,kepada utusanriau.com, Senin (12/03) kemarin mengatakan, "sejak tahun Juli 2007 lalu, Pemerintah melalui Departemen Sosial bersama lintas sektoral meluncurkan Program Keluarga Harapan berupa bantuan langsung tunai kepada ibu rumah tangga sangat miskin (RTSM) yang sedang hamil, memiliki balita atau anak usia sekolah".

Kriteria RTSM ditentukan oleh BPS dan akan terus didata setiap tahunnya. Dan program ini akan berlangsung selama 6 tahun, yaitu 2007 – 2012 dengan menggunakan APBN.

Dana PKH disalurkan langsung via PT Pos atas nama ibu penerima PKH, agar si ibu dapat menggunakan bantuan PKH untuk biaya pemeriksaan kehamilan, pemenuhan gizi balita dan transport sekolah anak di SD dan SMP.

Dijelaskan eva, untuk provinsi riau ada dua kabupaten yang menerima dana PKH yaitu kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Kabupaten kampar.

Untuk kabupaten Inhu ada 23 orang tenaga pendamping yang menangani sebanyak  4565 RTSM. Sedangkan desa nya berjumlah 152. Dimana tenaga pemdamping merupakan tamatan sarjana mereka ini melakukan pendampingan yang tersebar di desa. Dan mereka melakukan pendataan secara akurat bagi RSTM yang menerima dana PKH.

Sedangkan di kampar, kata Eva itu ada 6 kecamatan, 91 desa sebanyak 2981 RTSM yang menerima dana PKH. Untuk tenaga pendamping berjumlah 12 orang dengan 4 operator. Tugas mereka ini sama dengan pendamping desa yang ada di kabupaten Inhu melakukan pendataan secara rutin bagi RTSM yang menerima dana PKH, demikian. ** (warno)

Baca Berita Terkait

Berita Lainnya

APA KOMENTAR ANDA...???
comments powered by Disqus
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.