• Beranda
  • otonomi
  • Kantor Disnakertrans Bengkalis Dikepung Ribuan Buruh

Kantor Disnakertrans Bengkalis Dikepung Ribuan Buruh

Senin,16 Juli 2012 | 02:34:00 WIB Dibaca: 662 kali
Kantor Disnakertrans Bengkalis Dikepung Ribuan Buruh
Ket Foto :

Duri, Utusanriau.com - Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bengkalis yang berada di belakang Hotel Malahayatty Jalan Sudirman Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Senin (16/7) pagi tadi dikepung sekitar seribu buruh PT Adei yang tergabung dalam Serikat Buruh Riau Indenpenden (SBRI).

Dengan menggunakan  kenderaan roda dua dan 2 unit truk para buruh sampai di depan kantor Disnakertrans Bengkalis di Duri sekityar pukul 08.30 WIB

Kehadiran para buruh tersebut merupakan tindak lanjut aksi mogok kerja yang sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Seluruh buruh berkumpul di depan kantor Disnakertrans dengan berbagai orasi. Namun dalam beberapa saat kemudian Plt Kepala Dinas Disnakertrans Bengkalis Hermizon menemui pihak buruh serta meminta perwakilan buruh sebanyak 11 orang untuk melaksanakan musyawarah di dalam ruangan.

Dalam pertemuan tersebut dihasilkan berupa kesepatan yang berisikan 2 poin. Pertama bahwa pegawai pengawas Disnakertrans Bengkalis akan segera meneribitkan Nota Pemeriksaan (terhitung 2 minggu dari hari ini) sesuai dengan hasil pemeriksaan dilapangan dan pengaduan karyawan melalui SBRI. Kedua bahwa dengan danya nota pemeriksaan ini dihimbau kepada seluruh buruh pekerja yang melakukan aksi mogok untuk bekerja sebagaimana mestinya.
 
Kedua butir hasil pertemuan tersebut dibubuhi tanda tangan dari pihak Disnakertrans Bnegkalis, perwakilan buruh dan disaksikan oleh Kapolsek Mandau Kompol Dani Ardiantara SIK. Setelah  Plt Kepala Disnakertrans Bengkalis Hermizon membacakan hasil pertemuan tersebut selanjutnya Ketua SBRI Bengkalis Agen Simbolon meminta  buruh membubarkan diri dengan teratur serta kembali ke rumah masing masing.

Menurut Agen Simbolon didampingi oleh Bangkit Siayung bahwa jika hasil pertemuan tersebut tidak ditindak lanjuti oleh pihak pengawas Disnakertrans maka buruh akan kembali melakukan aksi dengan jumlah yang lebih besar lagi.

Dari pantauan dilapangan tidak ditemukan adanya aksi anarkis dari pihak buruh dalam menyampaikan aspirasinya. Walau demikian ratusan anggota Polsek Mandau dan Pinggir terus bersiap siap dalam membeirkan pengamanan

“Hal ini kita lakukan karena tidak ada penyelasaian atas 12 tuntutan yang sudah kami ajukan kepada pihak perusahaan dan juga kepada pihak Disnakertrans Bengkalis,” ujar Bangkit Sipayung Ketua PT P SBRI PT Adei Plantation & Industri usai melakukan pengepiungan kanotr Disnakertrans Bengkalis. (jon)

Baca Berita Terkait

Berita Lainnya

APA KOMENTAR ANDA...???
comments powered by Disqus
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.