• Beranda
  • pendidikan
  • Kwarcab Pramuka Bengkalis Taja Lomba Ketangkasan Penggalang 2012

Kwarcab Pramuka Bengkalis Taja Lomba Ketangkasan Penggalang 2012

Minggu,23 September 2012 | 10:57:00 WIB Dibaca: 686 kali
Kwarcab Pramuka Bengkalis Taja Lomba Ketangkasan Penggalang 2012
Ket Foto : Ketua Kwarcab Pramuka Bengkalis H Riza Pahlefi (tengah) disambut hangat para anggota Pramuka Penggalang ketika meninjau kemah-kemah pada kegiatan Lomba Ketangkasan Pramuka Penggalang yang ditaja Kwarc

Bengkalis, Utusanriau.com - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0404 Bengkalis, sejak Jumat hingga Minggu (21-23/9), menggelar lomba ketangkasan Pramuka Penggalang tahun 2012. Kegiatan yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Pawang Perkasa II Bengkalis. Kegiatan itu diikuti sebanyak 47 regu dari pelajar SD/MI dan SMP/MTs sederajat.

Ketua Kwarcab Pramuka Bengkalis H Riza Pahlefi menyebutkan, lomba
ketangkasan Pramuka Penggalang tahun 2012 tersebut, merupakan salah satu agenda tetap pihaknya. Melalui lomba ketangkasan tersebut diharapkan menjadi sebuah evaluasi terhadap pembinaan kepramukaan, khususnya bagi anggota Pramuka Penggalang yang tersebar di berbagai kecamatan dan Gugus Depan (Gudep).

“Lomba ketangkasan ini diselenggarakan ntuk melihat sejauhmana pembinaan kepramukaan yang dilakukan di masing-masing Gugus Depan yang menjadi tujuan utamanya. Ianya juga merupakan ajang evaluasi bagi kita bersama terhadap proses pembinaan pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di masing-masing Gugus Depan itu,  khususnya bagi Pramuka penggalang,” ujar Riza Pahlefi.

Pada dasarnya kata mantan Ketua DPRD Bengkalis ini, kegiatan lomba
ketangkasan bagi Pramuka Penggalang tersebut, bukanlah menjadi tujuan dari kepramukaan itu sendiri. Lomba kata Riza, hanyalah merupakan alat untuk melakukan mengevaluasi sejauhmana pendidikan kepramukaan yang dilakukan. Bahkan yang paling penting di kepramukaan adalah, bagaimana penanaman nilai-nilai kepramukaan itu sendiri mampu dilakukan dengan baik.

Dalam pendidikan kerpamukaan, seperti morse, smapore, baris berbaris,
berkemah dan lain-lain, ianya adalah alat bagaimana mencapai pendidikan dan tujuan pendidikan pramuka. Karena pendidikan kepramukaan yang sebenarnya adalah membentuk watak dan karakter anggota Pramuka yang berbudi luhur, cinta tanah air, memiliki jiwa patriotisme, dan lain sebagaimana.

“Yang paling penting dalam proses pembinaan kepramukaan, adalah penanaman nilai-nilai, sehingga generasi dan setiap anggota Pramuka kita, memiliki karakter yang tanggguh, karakter yang berkemampuan dan berbudi pekerti sebagaimana tertanam dalam kode kehormatan Pramuka,” katanya sembari berharap agar pembinaan kepramukaan di masing-masing Kwartir Ranting dan Gugus Depan, dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Dalam lomba ketangkasan Pramuka Penggalang yang digelar selama tiga hari berturut-turut tersebut, beberapa lomba yang dilaksanakan seperti lomba cerdas cermat, lomba bercerita, pentas seni, lomba kreasi yel-yel, dan lomba pioneering. Selain itu juga dipadukan dengan kegiatan perkemahan, penjelajahan, serta parade PBB tongkat dan api unggun. (riko)

Baca Berita Terkait

Berita Lainnya

APA KOMENTAR ANDA...???
comments powered by Disqus
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.